Wednesday, December 9, 2015

Proyek Marcapada

Saya baru saja menemukan sebuah istilah baru. Marcapada. Hehe. Sering denger sih soal "Mayapada". Tapi Mayapada kan artinya Khayangan. Lah ternyata dunia kita punya nama juga. Marcapada. Asik banget yak. Berasa di kisah wayang atau dongeng sasakala (aih ada yang tau arti "sasakala"? artinya "asal muasal" alias "legenda").

Mungkin sudah sering saya bilang kalau waktu SMP sampe kuliah orientasi seni saya lebih banyak ke komik. Saya ngegambar ya buat komik karena semua gambar saya ada ceritanya. Serius. Bagai punya dunia sendiri (ngek), saya punya "marcapada" saya sendiri. Dari kisah sci-fi sampe paranormal romance (ailah), sampe sasakala. Belakangan saya baru sadar kalau sasakala itu menarik. Gak kalah dari dongeng Grimm atau HC Andersen. Actually I love mythology. Indonesia punya banyak. Bukannya SARA tapi kebetulan saya orang Sunda sih jadi taunya soal sasakala alias mitologi Sunda aja. Itupun sedikit banget. Terus baru-baru ini ide itu muncul lagi di kepala dan saya pikir sudah saatnya eksekusi. Mudah-mudahan gak mati ide di tengah-tengah (saya gitu orangnya, seneng pas mulai doang ehhe).

video

Desain karakternya udah lama saya bikin. Tapi soal teknik saya masih kroco. Ciyus deh bukan merendah emang krotjo. Hmm. Biasanya saya paling males nge-share ide karena saya gak suka banget dengan aktivitas pencurian karya. Tapi apalah karya ini gak worth it buat dicuri juga haha. Cerita singkatnya sih tentang perempuan biasa. Tapi gak juga. Dia adalah perempuan ke tujuh dari ras Mayapada. Iyes. Bidadari broo. Dan emang terinspirasi kisah bidadari hehehe. Nah karena suatu kejadian dia dihukum sampe diturunkan ke Marcapada alias bumi dan di sana dia ketemu dengan seorang laki-laki desa yang misterius.


Menurut ramalan, di umur ke-17 sang perempuan akan bertemu dengan jodohnya yang seorang manusia biasa. Karena satu dan lain hal, si perempuan ini akhirnya mengira si laki-laki itu adalah calon jodohnya. YOI TEPAT SEKALI. Nah ceritanya akan berkisar soal perempuan dan laki-laki ini. Iyes. Jaka Tarub banget wkwk. Tapi Jaka Tarub ternyata berasal dari Jawa Tengah. Sedangkan latar cerita adalah di tanah Pasundan. Jadi, apakah laki-laki ini bener-bener Jaka Tarub? Nanti bakal tau. Hmm sebenernya saya masih belum matengin ceritanya hehe. Nanti lah. Perempuan dan laki-lakinya aja belum punya nama. Sempet mau kasih nama "Euis" buat ceweknya. Tapi masa bidadari namanya Euis banget atulaaah T_T. Ada ide kali?

Ya sudah segitu dulu. Saya lagi ada proyek lain. Dan kerjaan. Butuh liburan ke gunung atau hutan atau apalah gitu yang berpohon banyak. Hmm. Wish me luck.

No comments:

Post a Comment

WOW Thank you!