12.12.12

Laboratory going Safety

Okay, first of all, I apologize for my posts are not made in English recently. It's simply because I'm quite busy with my "BPS" life (my work place) and rarely make drawings or illustrations. So, please enjoy the pictures below and I must tell you, I'm gonna do English (and illustration) posts again very soon. :)

Ehem...jadi kemaren 'kan aku pernah cerita kalau program BPS sudah resmi ditutup pada akhir November kemarin, dan sekarang kami sudah diangkat (sejak 1 Desember 2012 tepatnya) menjadi karyawan. Ya! Karyawan! Hehe. I always speechless kalau menyadari fakta ini. Tempat kerja saya ini dipenuhi anak jurusan teknik. Dan saya, ehem, MIPA.

Oke deh, anak MIPA yang suka menggambar. :D

Sejarahnya panjang. Jadi dulu itu memang perusahaan saya butuh beberapa orang lulusan sains murni (baca: kimia) untuk ditaro di lab. Dan saya juga pernah cerita kalau saya kemarin OJT paling lama di lab. Makanya aku sih udah siap-siap aja kembali ke "habitat" awalku waktu kuliah (as a lab rat, of course). Sampe-sampe di kosanku yang di Cilacap itu, barang-barangku masih kutinggal di sana. Karena emang biasanya tempat OJT yang didiami dalam waktu lama itulah yang bakal jadi tempat kerja kita nantinya.

Dan eh, saya salah sangka!


Sehingga karena kesalahan prediksi itulah, akhirnya pas cuti selama 1 minggu kemarin saya menyempatkan diri ke Cilacap lagi. Tentunya untuk mengambil barang-barang yang tertinggal dan sekalian pamitan sama orang-orang di laboratorium yang selama OJT menjadi rekan kerja saya.

Farewell singkat dengan teman-teman di Lab Pelumas Cilacap.

Pokoknya dari 11 orang yang saya ceritain di sini, cuma 4 orang yang akhirnya beneran ditaro di situ (Unit Bisnis Pelumas). Lainnya? Ada yang di Project Management, dan di Supply and Distribusi. Ohiya terus mungkin anda bertanya, lah saya ditaro dimana akhirnya? Gara-gara satu dan lain hal maka akhirnya saya ditarik ke fungsi HSE (Health, Safety, and Environment). Sebagai? Ya..ada deh satu jabatan dengan kantor di: MEDAN. Okay. The surprise has been doubled. At first saya syok. Satu, saya tinggal di Pulau Jawa. Seumur-umur saya paling jauh pergi ya ke Bali. Dua, saya punya akar di laboratorium (walopun gak gitu suka prakteknya sih hehe). Can I do that? Can I endure the challenge? Ya..sesuatu seperti itu lah. Insecurities. Everyone has it. Btw waktu di Cilacap itu saya paling males sama HSE soalnya nyuruh pake safety shoes mulu. Hahaha.

Uhm... improper? Not really. :D
Tapi alhamdulillah, sebelum saya bener-bener ditaro di Medan, saya sudah bilang di postingan saya kemarin bahwa ada training HSSE di Jakarta selama satu setengah minggu. Otomatis, akhirnya ada perpanjangan waktu selama satu setengah minggu untuk sharing dengan teman-teman yang sudah duluan menggeluti HSE (ada 11 orang) dan dapet pencerahan dari berbagai praktisi yang udah dewa di bidangnya. And I was like, "Hey, I think I can survive this" (PEDE jaya!haha). Ya intinya aku excited. Serius. Makanya kadang aku bingung kenapa orang-orang kayaknya kasian banget gitu sama gue. Haha. And then hari ini semua temanku yang di HSE kembali ditempatkan di lokasi kerja masing-masing.
Di mana-mana di Indonesia, siswa HSE ada di sana. :D

Lumayan.. selama satu setengah minggu ini suasananya fun. Terus karena tanggal 10 bertepatan dengan ulang tahun perusahaanku, tanggal 9 Desember kemarin aku sempet ikutan juga nonton acara ultahnya di Parkir Timur Senayan. Rame sih acaranya. Ada OVJ! (Trivia: saya adalah penggemar berat OVJ). Dan yang paling keren adalah kita sempat reuni kecil-kecilan, terutama cewek-cewek M&T yang dulunya juga pernah di Lab - tapi sekarang enggak.
Ternyata mengambil posisi paling pinggir dalam foto bisa membuat kamu lebih besar. :P

Para HSE ini malah bisa nyiptain kata-kata "aneh" hasil training. Makanya cara kita berkomunikasi mungkin sedikit membingungkan orang lain (I know, LEBAY). Hehe. Kata-kata seperti "unsafe action", "unsafe presentation", "safety reek...", terus "ngene sek", "bleve" sampai "krompyang" jadi bahan lelucon tersendiri sebelum kami semua bener-bener "masuk hutan" nantinya. Hehe. Yah..memang inilah tantangannya. Kalau di lab saya banyak berhubungan dengan zat kimia, eh ini di HSE, katanya saya banyak berhubungan dengan manusia. Okelah, saya cuma bisa berdoa supaya semuanya lancar. Dan saya juga harus banyak belajar (banyak!) supaya bisa mengejar ketinggalan selama 4 bulan OJT (yang mana teman HSE lainnya sudah mengalami ini) sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik. Pokoknya, Allah knows best. And He never left me. :)
HSE di dadaku! Hahahay.

"For knowledge will not acquire you, you must acquire it" - Unknown (saya lupa siapa yang ngomong ini).

10 comments:

  1. wearpack gitu ada yang versi rok ya??

    ReplyDelete
  2. Wuiihhh, mantap, udah diangkat jd karyawan... Makmur nih :p
    Semoga cepet jd raja minyak! hehe... Selamat ya dew!

    ReplyDelete
  3. great blog;)


    Would you like to follow each other ?

    ReplyDelete
  4. Ooo..fajnie tutaj ;)

    Obserwuję,

    WESOŁYCH ŚWIĄT!
    takeabreakkk.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. tanjung uban perasaan di bawah singapura deh bukan di pantai barat sumatra ... kecuali teluk kabung sih ...

    ReplyDelete

WOW Thank you!