9.8.18

Mengaji (Di Dunia Nyata)

Adab dulu, baru ilmu.
Kalimat ini sedang sering terngiang di telinga kita baru-baru ini. Ketika semakin banyak orang yang hijrah (alhamdulillah!) namun dampak hijrahnya ini berbeda-beda satu dan yang lainnya. Yang hijrah kemudian mengajak orang lain, banyak! Yang hijrah kemudian meneliti dosa orang lain, juga banyak! Bahkan dosa seorang ustadz yang bukan gurunya seperti yang ramai diperbincangkan kemarin. Tidak segan kita menguliti orang yang berbeda dengan kita tanpa ampun. Padahal edukasi tentang toleransi sudah diajarkan sejak SD. Budaya "main hakim sendiri" yang biasa disandingkan untuk orang-orang pelaku pengeroyokan saat ini sudah bergeser dari dunia nyata ke dunia maya: netizen. Kedoknya sama: hijrah. Bedanya, pengeroyokan di dunia nyata bisa bikin mati secara fisik. Kepada pencopet, kepada yang disangka pencopet, dan sejenisnya. Sedangkan di dunia maya, bikin mati secara psikis. Masa sih, hijrah malah membuat orang jadi hakim instan?

Practicing Granny Pictures. Color pencil on plain paper by me.

Amit-amit, yak.

Tapi ini 'kan menyampaikan kebenaran! Kilahnya. Ya anda sendiri, menyampaikan kebenaran dengan cara melukai perasaan orang, bahkan cenderung merundung (bully), menurut anda itu sudah benar? Eh tapi dialog ini 'gak beneran terjadi kok. Hasil menyimak juga. Hasil menghakimi juga. Hakim-ception. Hah!

8.8.18

It's Not A Restart Even If You Thought So

When I first announce my resignation, people were like,

"Oh, I'm sorry to hear that", - yeah, you must.
"Is this a husband's order?", - enough to that. You don't know him.
"Why don't you be grateful? Your resignation means you have no gratitude," - actually, resignation is a form of my gratitude over my situation at the moment. And as to 'anything good for one person is not always good for another person' so call me a snob, but I didn't buy this.
"Be patient, money is not everything", - this kind of an insult.

And among those sorry comments, I hear one good support,
"Good decision! Insya Alloh you won't regret". (And mostly this came from the "husbands" employee - yeah, in my former workplace there's a lot LDR husbands located far from their spouse) - many thanks!

Menjadi salah satu panitia acara CIP pada bulan-bulan terakhir bekerja di Palembang.

The worst comment?
"You'll probably restart everything." - silence. This needs a long answer. As in this post.

1.7.18

A Very Married Woman (& Man)

If I get married, I want to be very married.  - Audrey Hepburn.
Thus, perhaps one sentence proving women are obsessed with marriage. Or wedding. Ah, forgive me, it was probably not. It was probably only me who kind of obsessed with wedding - a decoration of marriage, I must say, but most importantly to tell people that me & a man who's name written on the invitation are legally connected & have rights to proliferate in advance - and used to make effort to attend a lot of wedding of my friends just because I love wedding. I love seeing the bride & the groom changing smile to each other all day long with those dreamy look in their eyes. I love seeing the parents all dressed up to celebrate their children's big day, with tears of joy & perhaps they screamed in their mind, like, "Finally!". I love the kids who played their role as "pager ayu", all dolled up in beautiful dresses and suites. I love the ijab-qobul happening followed by relieved sigh from the invitees. I love them all about wedding. 

And today is mine. I am attending mine. 

(Finally!)



The Day Of
"Saya terima nikahnya..."
Kalimat itu terngiang di telinga saya yang tepat berada di samping kiri laki-laki berjas hitam yang mengucapkannya dengan tegas dalam satu tarikan nafas di hadapan Bapak dan Pak Penghulu. Saya sendiri menahan nafas. Segera setelah laki-laki itu menyelesaikan kalimatnya, saya menghela nafas lega diiringi seruan "Sah!" dari para saksi. Kini laki-laki itu telah menjadi suami saya.

26.4.18

21.04.18 Mastertalk & Masterwork at Jakarta Creative Hub

Ternyata sudah hampir dua bulan saya menganggur  tidak bekerja kantoran. Tapi lupakan semua itu karena kali ini saya lagi tidak mau bahas yang kayak gitu - belum bisa menjelaskan kesannya sih karena sebulan pertama saya sakit habis operasi sesuatu. Jadi belom full-full amat jadi IRT. Efektif jadi IRT mungkin sekitar sebulanan ini yaa sejak 7 April 2018-an. Dan semingguan ini tukang sayur yang biasa lewat di komplek tempat saya dan suami tinggal lagi absen jualan - 'gak tau kenapa, 'gak muncul di Lamb*eturah sih beritanya - so saya udah belanja buat minggu ini dan lagi 'gak ngerjain apa-apa di rumah sehingga saya memutuskan segera nge-blog tentang: Mastertalk & Masterwork. *Again, bilang 'gak mau bahas tapi jadi bahas wkwk betapa tidak konsistennya seorang Dews ini.


So finally last week I got a chance to attend one of interesting short courses (a mini workshop, actually) about arts and drawing in Jakarta Creative Hub, placed in Graha Thamrin. At the beginning of seeing the event flyer on instagram, I surely skipped some details here because what I was expected was slightly different from what I actually got. Yeah, the details were: it was held by college students - which means the attendants would be more from college students or real students (high school and alike lol). But don't worry, they are not some others college students: they are graphic design-ish college students from Universitas Multimedia Nusantara that invited Tomodachi Studio artists to deliver the lesson here. And I got a lot of insights because of attending this. The more interesting part was that the tutors are actually about my age - or younger, but judging from their favorite animes (YES! ANIMES) I thought I wasn't that fail. Supposed to be a mentor at my age, right? Only I have short experiences (if not nothing) in this so I wasn't very ashamed for still being an attendant haha.

Kalau melihat flyer-nya sih, saya berbinar-binar banget dan pengen banget ikutan. Karena, well, that was exactly my problem! Topiknya 'kan tentang bagaimana menemukan ciri khas desain. Kalau yang ngikutin blog (atau kenal saya di dunia nyata dengan karya-karya saya) pasti tau, bahwa karya saya itu lumayan berubah-ubah dari waktu ke waktu. Influence manga dan anime sangat kerasa sampe sekarang di karya-karya saya, walaupun saya pernah mencoba mengganti gaya dengan memasukkan unsur pensil warna, digital, dan cat air. Jadi tentunya saya butuh masukan tentang masalah saya itu.