15.7.11

Sekilas BPS Pertamina 2011

Sebenarnya ini bukan sesuatu yang besar, tapi kurasa aku harus membaginya di sini karena semua orang begitu penasaran tentang proses menjadi peserta BPS, Bimbingan Profesi Sarjana, di Pertamina, salah satu BUMN di Indonesia, sehingga seringkali browsing untuk mendapat sebanyakmungkin info. Well, aku sempat mengikuti proses ini dari awal hingga akhir. Dan berikut adalah timeline serta cerita singkat mengenai rangkaian seleksi tahun ini (2011):



1
22 Januari 2011
Seleksi administrasi
Biasanya, seseorang harus mendaftar secara online di website resmi pertamina http://www.pertamina.co.id pada tanggal-tanggal tertentu yang diumumkan oleh perusahaan tersebut. Jadi, pantau terus web-nya supaya update. Atau kalau kamu kaskusers, sepertinya kamu bisa stay informed karena banyak sekali cerita seputar BPS di sana. Kalau aku, aku melamar saat ada Job Fair dari JobsDB yang waktu itu diadakan di Sasana Budaya Ganesha Bandung.

2
29 Maret 2011
Tes psikologi
Diadakan per tempat kita melamar secara on line. Karena aku melamar di Bandung, akupun mendapat lokasi tes psikologi di Bandung, tepatnya di gedung BPAP Fakultas Psikologi Unpad. Harus kuberitau bahwa tes psikologi (as you know) itu benar-benar LAMA. Tes-nya gampang, tapi soalnya super banyak sehingga kita harus sabar dalam menjawab dengan pikiran jernih dan anti-capek.

3
20 April 2011
Wawancara User/HRD
Aku kebagian di kantor pemasaran wilayah Jawa bagian Barat, di Kramat Jakarta. Isi singkat pertanyaan wawancara itu sederhana:
a. memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris
b. menceritakan pengalaman kerja dan organisasi (trust me, mereka benar-benar 'menggali' soal ini)
c. menguji komitmen kita, apakah kita benar-benar ingin bekerja di sana dan siap dengan segala konsekuensi-nya (ditempatkan di seluruh Indonesia, dsb.)
d. menanyakan tujuan hidup dan mimpi kita (klise, tapi ini adalah salah satu saat paling menentukan)

4
25 April 2011
Medical Check Up
Bertempat di Lab Biotest di Naripan Bandung, tes itu dilakukan dari pagi sampai sore. Pagi sampai siang, semua tes (you name it) dilakukan dari tes USG, EKG, darah, gigi, mata, paru-paru, rontgen, telinga, tes fisik, air seni, bahkan tinja. Setelah itu diadakan tes kebugaran dengan cara lari 4 keliling lapangan Gasibu. Gasibu itu, gede banget. Harus kukasihtau ya, kita lari gak dibalapin, yang penting kecepatan kita stabil. Bahkan aku finish di urutan ketiga (terakhir) dan setelah itu harus diulang dengan tes treadmill. Saat itu aku benar-benar CAPEK dan aku adalah orang yang terakhir dipulangkan. So I feel unimaginingly lucky to pass this phase.

5
10 Mei 2011
Wawancara Top Level Management
Wawancara terakhir ini dilakukan di kantor pusat Pertamina Jakarta, yang deket Monas itu. Waktu itu aku diwawancara oleh senior manager divisi perkapalan dan senior manager HRD. Dan ini adalah wawancara tersingkat  selama status job seeker-ku. Yup. Cuma sepuluh menit. Temanku bahkan cuma lima menit. Mereka cuma bertanya tentang komitmen kita dan di situ kita harus benar-benar paham kenapa kita ingin bekerja di situ dan apa modal kita untuk mencapainya. Be Your Self, don't be a liar coz they WILL know.
My first visitor card! Yayy.
6
3 Juli 2011
Final Announcement
Setiap fase rekrutmen diumumkan hasilnya melalui email dan SMS. Jadi stay tune untuk selalu memeriksa email dan inbox ponselmu walaupun saat itu hari libur. Jangan lupa periksa spam juga karena beberapa orang mendapat pemberitauan itu di spam.
***
Hitung saja, berapa lama proses seleksi ini? Kira-kira enam bulan lebih. Tapi semua perjuangan pasti ada hikmahnya. Kalau hari ini belum lolos, jika masih berminat, coba saja terus karena di proses seleksi ini, beberapa rekanku malah pernah mencoba lebih dari sekali. Last words from me,Good Luck for the next season!

1 comment:

  1. alhamdulillah.. i'm so proud of you, sist!!!
    ye ye la la la :D
    tapi biarpun ntar jauh tetep deket di hati yaa..
    dan jangan lupa hutangmu untuk proyek taun depan (klo msh ada umur).. hhe

    ReplyDelete

WOW Thank you!