9.6.14

The Futur Path

Akhir-akhir ini saya lagi futur dan saya lagi keranjingan Path (lah apa hubungannya??).

*membaca kalimat di atas barangkali anda akan langsung berpikir "oh, ayolah. Postingan keluhan lagi??"

Enggak sih. Enggak lagi pengen ngeluh kok. Lagian saya udah terlalu banyak ngeluh sejak keranjingan dengan yang namanya sosial network sekarang ini: Path, Twitter, FB (ohyaaa saya masih buka FB. Terutama menjelang pilpres ini. Rada-rada mencari sudut pandang sih), even BBM dan Line. Jadi, masa sih di blog juga mau mengeluh??

Gara-gara Path di Smart Phone.
Tapi bener sih. Saya memang lagi sangat futur. Beberapa minggu terakhir ini saya merasa 'gak produktif. 'Gak semangat, males-malesan dan bosen parah. 'Gak cuma soal kerjaan, tapi juga soal ibadah dan hidup. Bayangin. Masuk kantor tiap hari tapi kadang 'gak menghasilkan apa-apa. Ibaratnya teman-teman di kantor itu sudah punya ritme masing-masing, sudah ada track-track-annya dan tinggal lari aja. Lah saya? Saya masih liat-liat aja. Ini track-nya bener gak? Terjal apa licin? Lurus apa belok? Terus ntar bakalan ada lobang gak?? Kemudian, ibadah. Astagfirulloh banget ini. Gak dibahas aja ya soalnya menyedihkan banget kualitas ibadahku hiks hiks. Soal hidup juga sama. Teman-teman saya kayaknya udah punya track sendiri-sendiri (terbukti dengan membanjirnya undangan nikah - glekk - dan foto bayi-bayi yang mukanya mirip dengan temen-temen saya - yaiyalah kan anak mereka). Lha saya? Sejak rencana hidup saya berantakan sejak 2004 itu (eaaa) maka saya jadi bingung dengan arah hidup saya yang entah mau diapain ini.

Saya sebenernya bukan orang yang terbiasa memikirkan segala hal di benak saya. Memang sih, saya kadang over thinking (as seen on my blog, obviously). Tapi, most of the time, saya maen hajar aja, gak pikir panjang. Ketika misalnya senior saya bilang "Ayo mana perencanaan kamu buat bulan depan?" maka saya akan ketawa-ketawa kecil sambil ngomong "Gampang itu mas.. selow.." (sungguh ajaib kelakuan saya ini). Padahal ya, di tempat yang lama sebelum di Palembang ini, saya kerja lumayan cepet, sementara si kawan saya itu lambatnya bukan main. Dan saya benci banget itu. Jadi kenapa sekarang keadaan berbalik ya? Malah saya jadi paling lelet sementara orang di sini kerjanya dengan kecepatan warp (Yakali Star Trek..hehe). Ini termasuk karma gak siih???
Image from Line.
Hmm..

Saya gak ahli dalam merencanakan. Saya sangat spontan. I'd do something only and if only when I feel like it. Saya gak peduli apa orang bakalan suka atau enggak, kalau saya suka, ya sudah. Begitu juga dengan postingan saya di Path. Aneh banget rasanya kalau gak buat moment minimal sehari sekali gitu. Saking seringnya nge-Path, berasa hampa kalau misalnya gak buat moment. Padahal ya, dulu gak gini-gini amat. Kesannya kok saya jadi cari perhatian amat?? Emangnya mau diperhatiin siapa sih?? Eh tapi jujur ya, saya gak pernah bikin postingan galau. GENGSI.

Iya nih. Jangan-jangan semua ini gara-gara Path (oke, di sini saya akan diteriakin teman-teman yang hobby nge-Path terus mungkin di-unshare -_-").

Jadi apa sih istimewanya Path sampe-sampe bikin futur?
Image from Wikipedia.
Gak ada sih. Selain dari rasanya seru dan excited aja gitu kalau di Path ada yang nge-tag atau ada notif terus komen-komenan. Gak beda jauh sih ya sama FB. Tapi katanya sih ya, Path itu eksklusif karena jelas yang pake ya cuman yang megang HP berisi iOs ato Android (eh, Windows Phone ada gak?), terusnya lagi ya teman di Path itu terbatas banget cuma sampe 150 doank. Konon, ada risetnya bahwa di dunia ini kebanyakan kita hanya punya 5 sahabat, 15 orang teman baik, dan 50 teman dekat, yang kalau ditotalin palingan cuma nyampe 150 orang. Kebukti sih. Walopun teman saya di Path ampir 200 (lha iya, sejak Path is no longer exclusive by raising its connection limit until 500!), tapi yang rajin interaksi di moment saya paling banyak 20 orang (itu cuma sepuluh persen dooonk!!). Ini memang sih banyak faktor ya, kayak misalnya:

1. Sahabat kamu gak ada di Path dan kamu juga gak maksain mereka pake Path.
2. Sahabat kamu punya Path, tapi sekedar biar kamu bisa nge-tag dia kalau lagi check in di suatu tempat (iye temen saya juga banyak yang kek gini).
3. Sahabat kamu lebih suka komen secara private dengan alasan menjaga gengsi atau sejenisnya.
4. Sahabat kamu ada di Path, tapi mereka gak alay-alay amat segala moment dikomen gitu.
5. Orang yang temenan sama kamu di Path cuma kenal biasa aja tapi gak enak kalau gak temenan sama kamu.

dsb.

Gejala keranjingan Path ini memang bakal menghasilkan resultan yang berbeda bagi tiap orang. Kalau buat orang seperti saya, yang biasanya gak pedulian, yang biasanya kerjanya cepet, yang biasanya jarang keasyikan sama gadget, yang biasanya.. biasanya.. gak emosi gini lah kalau ngebahas sosmed!! Hasilnya adalah....... jadi gadget-freak yang menjijikkan dan memuakkan. Hiks. Bosen dikit, langsung buka Path. Pernah sih saya nyobain nge-log out itu sosmed. Tapi gak sampe setengah jam pasti langsung log in lagi. Gak nge-moment, cuma nebar emot aja. Apa sih yang dikepoin sebenernya? Hosh hosh.

Blog ini, yang dulu lumayan sering saya update, sekarang jadi terbengkalai. Dulu mungkin alesannya karena sibuk. Sekarang? Ya karena kata-katanya udah abis dipake di Path. Foto-fotonya udah keburu diaplot di sana. Twitter? Masih dipake sih, terutama kalau lagi pengen mengemukakan pendapat yang gak panjang2 amat tapi terlalu riskan untuk ditaro di Path. Ngegambar? Nah lho. Kemaren-kemaren saya ngegambar lagi dan rasanya tangan tuh kaku banget. Jauh banget lah kualitasnya dengan yang dulu-dulu.

KZL!!
So, dari tulisan saya yang lumayan ngalor-ngidul ini, yang ingin saya bilang adalah, jelas bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak pernah baik. Sosmed? Gak salah, tapi pemakaiannya yang harus bijak. Sosmed, dipake orang kayak saya? Kiamat sughro kayaknya hahaha karena Path adalah jalan menuju kefuturan (iye.. makanya judul postingan ini "The Futur Path" - maksa amat ya).

Oke. Maafkan postingan yang aneh ini. Saya sepertinya harus kembali ke jalur yang benar. Doakan saya semoga cepat bangkit dari kefuturan ini. Kalau ada yang berasumsi kalau saya futur bukan karena Path tapi karena saya sendirian dan merantau jauh dari keluarga dan sahabat-sahabat, ya... silakan aja sih. Emang begitu kok hahaha. Until then ya.

No comments:

Post a Comment

WOW Thank you!