Wednesday, September 14, 2011

When a Wimpy Kid writes Diary

Pertama nyari buku ini gara-gara sempat nonton filmnya yang dibintangi Zacchary Gordon dan Devon Bostick, dengan judul sama: "Diary of A Wimpy Kid" (psst, film ke-2-nya udah rilis loh) Nah kalau kamu lihat grafisnya yang oke banget, plus kartun-kartun lucu yang disisipkan di banyak adegan, pasti kamu bakal sangat penasaran, seperti apa bukunya? Jadi aku pun segera browsing di internet dan thanks to Atria, ternyata buku tersebut udah ada versi bahasa Indonesia-nya (which is cheaper dibanding buku impor :P). Singkat cerita, aku coba-coba beli satu jilid di toko buku dan you know what, sampai sekarang aku ketagihan baca buku ini. Terakhir lihat sih buku ini yang totalnya ada 6 edisi, sudah terbit sampai jilid 5 dalam bahasa Indonesia.
Diary of A Wimpy Kid Movie Cover 1 + 2.

Oke jadi ceritanya, Greg Heffley (si wimpy kid) sedang berusaha beradaptasi dengan lingkungan sekolah barunya, dimana banyak remaja tanggung dengan tingkat pertumbuhan yang berbeda (Greg menyebut teman-temannya yang sudah akil balig dengan 'gorila') harus bersama-sama dalam satu tingkatan sekolah, SMP. Dalam usaha beradaptasi tersebut, Greg melakukan segala cara agar dia bisa survive termasuk dengan mencoba jadi yang populer di antara teman-temannya. Dari mulai mencalonkan diri sebagai bendahara OSIS, jadi bintang gulat, kartunis sampai masuk jadi anggota polisi sekolah, semuanya dia coba. Kamu bakal merasa geli membaca (dan melihat) cara Greg mewujudkan impiannya itu. Soalnya Greg itu tipikal egois dan merasa dia selalu benar, jadi lucu aja membaca segala alasan dia untuk ngeles dari kesalahan yang dia buat.

Secara umum, tiap buku serial Wimpy Kid ini menceritakan masalah Greg si tokoh utama dengan salah satu tokoh lain di sekitarnya (yang menjadi inti cerita). So, dari ketiga buku yang sudah aku punya, berikut adalah ringkasan per bukunya (spoiler alert):
Buku ane gan!
1. Diary si Bocah Tengil 1
Greg vs. Rowley
Di buku ini Greg yang sedang berusaha jadi populer, bermasalah dengan Rowley, sahabat Greg yang menurutnya sama sekali tidak keren. Pembaca akan dibuat sebal dengan tingkah Greg yang sama sekali gak punya rasa bersalah walaupun sudah membuat Rowley rugi. Tapi di akhir cerita, kita bakal jatuh cinta lagi pada Greg karena dengan caranya sendiri (yang penuh rasa 'ngeles'), dia bisa berbaikan dengan Rowley.





2. Diary si Bocah Tengil 2: Rodrick yang semena-mena
Greg vs. Rodrick
Sesuai judulnya, di buku ini fokus berada pada Greg dan Rodrick, kakaknya yang super jahil dan acuh tak acuh. Jadi di sini Rodrick memegang satu rahasia besar Greg yang dia jadikan alat buat menjadikan Greg sebagai bulan-bulanan. Apakah rahasia besar itu? Gak seru dong kalau aku kasihtau, yang jelas nantinya rahasia ini justru malah membuat Greg jadi salah satu siswa populer di sekolahnya, yang meleset dari dugaan Rodrick.





3. Diary si Bocah Tengil 3: Usaha Terakhir
Greg vs. Dad
Ini tentang Greg dan ayahnya. Ayah Greg ini super ketat dalam membuat Greg jadi anak yang sporty alias tukang olahraga. Padahal tau sendiri kalau Greg itu hobinya malas-malasan dan banyak alasan kalau disuruh apa-apa (mirip kita ya, hehe). Nah suatu hari ayah Greg memasukkan Greg ke dalam klub sepak bola yang bukannya membuat si ayah bangga tapi malah mempermalukan mereka berdua. Itulah kenapa Greg dan ayahnya sempat diam-diaman selama beberapa lama. Apa yang dilakukan Greg untuk berbaikan dengan ayahnya? Well, baca saja bukunya.




Hmm.. jilid ke-4 dan ke-5 aku belum sempat beli nih. Tapi aku bener-bener akan beli seandainya ada waktu. Orang bilang, picture speaks thousand words, so buat kamu yang lebih suka liat gambar daripada tulisan tapi males baca komik yang alurnya ribet, mendingan baca buku ini dan kamu akan ketagihan.
Beli di mana?

1 comment:

  1. Kasih tau donk dmn bisa aq beli versi bahasa indonesianya yg the ugly truth ?

    ReplyDelete

WOW Thank you!