7.1.16

Balada Tukang Komplain

Mungkin tidak banyak yang tau kalau saya tidak hanya hobby komplain di blog saja tetapi juga di dunia nyata. I know, bad habit sih tapi gimana lagi. Hmm tapi saya punya pembelaan diri. Satu, saya emang hobby mempertanyakan apa saja yang menurut saya gak sesuai. Dua, saya gampang "keganggu" sama tingkah aneh orang atau lembaga. Padahal sesungguhnya saya sendiri pun tidaklah sempurna. Teman saya kadang suka marahin saya kalau sudah ada tanda-tanda saya akan komplain haha. Karena tidak semua komplain itu harus dikeluarkan, betul? Pikir aja, kalau semua kelakuan kamu di-komplain orang emangnya bakal enak gitu? Apalagi kalau komplain-nya tidak membangun. Duh..

Si Tukang Komplain. Eh enggak, ini Otani Atsushi sih tapi mimik mukanya pas aja sebagai ilustrasi hehe.
Tapi saya gak pernah parah sih kalau komplain (kayaknya). Karena setelah komplain biasanya saya merasa bersalah hehe. Sempet saya ngobrol dan kenal dengan beberapa orang teman sesama tukang komplain yang bahkan lebih parah. Kadang ada rasa "bangga" bisa komplain dan komplain-annya dipeduliin gitu. Sesederhana ada laler di dalem makanan terus minta diganti dengan makanan baru. Kan itu bisa dibilang keberhasilan komplain. Jadi sebenernya komplain adalah "usaha menuntut hak" yang biasanya diawali dengan perdebatan. Yang menang hak-nya akan terpenuhi dan yang kalah harus minta maaf. Sadis ya!

Tapi coba kita analisis sedikit soal kebiasaan komplain ini. Tentunya pake gaya saya hehe.

Kasus 1: Pramugari.

Saya pernah kesel sama pramugari karena seat saya ditempatin orang lain. Jadi waktu itu ada seat ganda gitu. Otomatis saya dan bapak-bapak itu rebutan kursi. Karena bapak-bapak itu punya power yang lebih gede, dia menang. Pramugarinya juga gak belain saya, malah saya disuruh nunggu gitu. Kesel lah, gimana coba kalau semua seat penuh? Masa saya mau berdiri di dalam pesawat :( Saya sempet mau marah tapi kalau dipikir-pikir emangnya itu salah pramugari? Kan yang ngatur seat bukan dia tapi orang di counter check in. Hayoh.. Mau komplain ke orang counter udah 'gak mungkin karena sudah di dalem pesawat. Alhamdulillah cuma sampe situ doang. Intinya saya gak komplain sih hehe.


Sumber.
Kalah atau Menang? Seri. Karena salah sasaran hehe.

Kasus 2: Kafe.

Entah karena pramusaji-nya kurang konsentrasi atau gimana, saya sempet dianterin makanan yang salah. Makanannya mahal gitu dan saya gak ngerasa pesen. Tentu aja saya gak mau terima dong orang saya gak pesen. Terus pramusaji-nya ngotot-ngotot gitu. Sebenernya ya, kalau dia gak ngotot nyalahin saya dengan nada tinggi (inget etika public service? gak boleh marahin pelanggan), saya gak akan nyerang. Akhirnya dia ngambil lagi makanannya.

Sumber.
Kalah atau Menang? Menang. Tapi saya gak enak udahannya. :(

Kasus 3: Warna Laptop.

Saya pernah dirugikan saat membeli laptop di sebuah toko di Mangga Dua Mall. Sebelum beli, saya sempet riset dulu dong mau beli laptop tipe apa. Saya jujur ya gak ngerti soal spec laptop tapi kalau looks-nya bagus ya saya beli. Intinya yang penting itu looks baru spec haha (pembeli macam apa ini -_-). Nah waktu itu saya mau laptop yang warnanya hitam. Pramuniaga-nya nunjukin laptop tersebut di katalog dia. Memang sih warnanya item. Sayangnya pas mau transaksi, dia gak mau buka segel sehingga pas saya nanya kalau isi di dalamnya itu sama dengan di katalog terus di-iya-in, saya percaya aja. Taunya pas udah bayar, jeng jeng! Warna laptopnya silver. Sumpah saya gak mau banget punya laptop warna silver hiks. Spec-nya emang lebih oke sih dibanding yang saya liat di katalog. Tapi tetep aja salah!
Sumber.
Karena saya ngejer penerbangan ke Padang waktu itu jadi saya gak langsung komplain. Komplain dikit sih tapi saya gak puas. Akhirnya saya komplain begitu sampe Padang. Saya tulis email panjang lebar ke customer service pusat-nya. Dia bales tapi gak minta maaf. Bales-balesan lah intinya mah. Akhirnya mbak-mbak pramuniaga yang tadi ngelayanin saya yang nelepon dan defensif gitu. Kan kesel ya. Saya kan gak minta laptopnya diganti atau gimana. Gimanapun saya juga gak teliti tapi tetep aja dia udah ceroboh. Saya cuma mau dia minta maaf! Setelah debat-debat lama akhirnya dia minta maaf. Puas deh :(

Kalah atau Menang? Menang. Ini komplain membangun dan saya gak nyesel walaupun jadi catetan buat saya supaya lain kali lebih hati-hati. Kalau bisa sih gak usah beli di situ lagi haha.

Selain di atas banyak juga sih. Misal hotel yang pelayanannya buruk. Pasti saya komplain paling enggak di kotak saran. Gemes aja gitu karena kalau gak disampein, mungkin akan ada tamu lain yang menyampaikan dengan cara yang lebih jelek ya kan? Oke itu pembenaran.

Kemudian dari ketiga kasus itu kira-kira apa yang bisa disimpulin ya? Sedikit sih:
  1. Komplain boleh. Tapi langsung. Ke sasaran. Misal kasus 1. Salah kalau komplain ke pramugari karena bukan dia yang salah.
  2. Komplain di sosmed itu gak banget. Apalagi kalau tanpa sensor. Bisa dipidanain tuh!
  3. Pake bahasa yang bagus. Bahasa mencerminkan levelan manusia.
  4. Jangan kepancing emosi. Sering terjadi, masalahnya gak selesai malah terjadi berantem yang gak seharusnya. Please. Ngabisin waktu banget (oh itu saya di kasus 2).
  5. Tujuan komplain harus jelas. Misal di kasus 3 saya cuma mau dia minta maaf. Cukup. Kalau di kasus 2 sih sebenernya saya cuma mau dia minta maaf juga tapi karena dia emosi yah akhirnya tujuan saya berubah *evil smirk*
  6. Kata orang, tabiat manusia bisa dilihat dari cara dia memperlakukan public service assistant alias kayak tukang sapu jalan, pramuniaga, pramusaji, dsb. Jadi introspeksi deh, kalau dikit-dikit maunya pengen komplainin mereka, jangan-jangan lagi kena penyakit hati?
  7. Komplain yang tidak membangun, apalagi jika cara penyampaiannya kurang baik biasanya lebih banyak mudharat-nya daripada manfaatnya. Kalau kalah bakalan malu, kalau menang bakalan merasa bersalah. Jadi, mikir panjang kalau mau komplain. Kalau gak perlu-perlu amat, gak usah.
  8. Sekali lagi, kalau gak perlu-perlu amat, gak usah komplain. Kadang-kadang keinginan komplain itu timbul karena mood lagi jelek dan butuh penyaluran :(
  9. Ada yang bisa nambahin?
Sumber.
Saya tau kalau dikomplain itu menyakitkan. Masih struggle banget dengan cara menghadapi komplainan orang hehe (minta saran dong untuk yang ini hiks). Tapi setelah beberapa saat, ketika logika jalan lagi dan kepala gak dikuasai emosi, komplain yang membangun itu harus didengarkan dan jadi masukan untuk jadi pribadi yang lebih baik. Bukankah manusia seharusnya saling nasihat menasehati? Nah bagaimana dengan komplain yang asbun? Anggep aja angin lalu. Kan gak semua "yang berbunyi" harus "didengerin". We cannot please everybody, as well as we cannot be perfect for everybody. Bukan begitu?

No comments:

Post a Comment

WOW Thank you!