25.1.16

Hijab Hunger

Di zaman dimana gaung hijabers sudah bukan fenomena asing ini, penyakit "hijab hunger" alias "kelaparan akan hijab" sudah bagaikan penyakit yang awam juga. Biasa banget. Liat trend ini itu tertarik, liat artis pake gaya ini itu tergiur, bahkan liat "saingan" kece pake model ini itu pun kelabakan. Punya jilbab udah lusinan bahkan kodian masih aja berasa kagak cukup. Soalnya yang namanya trend itu gak abis-abis! Kemaren kayaknya baru aja muncul pashmina monokrom yang HITS banget, eh tiba-tiba besoknya muncul khimar renda-renda yang unyu-sayang-buat-dilewatkan. Gue harus keren! Gitu kali di pikirannya. Gak ikut trend gak keren! Gitu aja terus sampe tua.

Gaya gueh. Yah sebenernya masih jarang pake rok.

Emang. Gak berhenti-berhenti.

Ini adalah bentuk rasa tergelitik saya setelah membaca sebuah artikel (di sini). Di situ dibahas secara nyinyir bahwa kita para hijab hunger adalah teri-teri target pasar para kakap yang jualan via IG. Emang gak selalu dari IG sih ya. Tapi kiblat tren saat ini ya paling gampang memang dari IG. Biasanya semua diawali dari rasa penasaran saat liat selebgram keceh atau artis atau pendakwah yang pake hijab super keceh. Kayak, ih oke kayaknya kalau gue pake gituan. Beli dimana sih? Akhirnya stalking-stalking sampe dapet toko yang jualan itu hijab.

Begitu masuk ke akunnya, eh ternyata pilihan hijabnya banyak banget. Gak cukup kalau beli satu warna per model. Apalagi iming-imingnya kalau beli di atas tiga biji harganya bakalan diskon. Belum lagi kalau lagi sale. Diskon sana-sini akhirnya dapet harga super miring. Sayangnya, "syarat dan ketentuan berlaku" dari setiap jenis diskon membuat jumlah hijab yang dibeli malah semakin bertambah sampe bingung mau ditaro dimana. Toh gak semua dipake karena gak semua matching sama baju yang dipunya.

Sumber.
Jangan lupa juga, kadang belanja online itu ada resiko "salah beli". Entah bahannya yang ternyata gak enak, atau kitanya yang gak jago aplikasiin hijab jenis tertentu di kepala. Pake pashmina itu tricky sih. Salah-salah malah bikin bentuk muka jadi aneh.

Belum lagi kalau lagi ngemall. Ah bukan nge-mall, tapi lagi belanja (mostly, cuci mata) di tempat grosiran macam Pasar Baru Bandung, Tanah Abang, Mall Mangga Dua gitu. Kelirik aja itu hijab-hijab warna-warni yang bergelantungan di toko, rasanya hati ini tergerak untuk sekedar menyentuhnya. Keputusan untuk beli nanti dulu. Tapi sentuh dulu lah. Namun kebanyakan setelah menyentuh terus harganya cocok, ada hasrat juga untuk beli. Akhirnya melayanglah duit buat beli hijab itu. Alasan klasik, gue belum punya warna ini, atau, gue belum punya tipe ini.

Nyampe rumah, barulah sadar kalau hijab yang dibeli ternyata semacam kembaran dari hijab terdahulu yang sebenernya udah dipunya. Alhamdulillah sih kalau saya gak pernah sampe beli ganda. Kalau miripan sering. Terutama warna. Untuk kasus saya lebih parah lagi. Kadang lapar mata liat warna-warna yang aneh padahal baju aja kebanyakan warna basic seperti hitam, putih, abu, merah. Jadi saya gak perlu hijab warna-warna kayak orens, ungu, peach, tosca (dan akhirnya punya dengan alesan hijab hunger). Mubazir sih enggak. Tapi sayang banget karena jaraaaaang sekali dipakenya (mendekati mubazir). 

Sumber.
Pada akhirnya kita (sebenernya sih, saya doang kali?) harus ambil kendali atas nafsu belanja, rasa lapar akan hijab baru yang kekinian itu. Jangan kita yang disetir sama nafsu, tapi nafsu yang harus kita arahkan. Ada satu hal yang menampar saya pas lagi liat news feed di FB. Ada orang ngepost gini "aduh jilbab gue banyak banget, gak kepake semua padahal. Gue lupa kalau jilbab pun akan dihisab di akhirat nanti." JLEBB. Sedih. Kemudian saya berusaha pake semua hijab saya, kalau enggak "disumbangin" sama orang.

Inget juga, Allah itu gak suka sama manusia yang berlebih-lebihan (QS Al An'am 6:141; QS Al A'raf 7:31; QS Al 'Isra 17:26). Beli hijab kebanyakan buat apa? Fitrah sih kalau perempuan itu suka yang indah. Tapi balik lagi. Hijab itu menutupi (QS An-Nur 24:31), menyederhanakan. Ketika malah bikin lebay, maka fungsi sejatinya hijab gak sempurna lagi.

Saya sih biasa aja ya maksudnya berjilbab syar'i juga belum. Modis juga enggak. Biasa aja karena sayanya juga gak terlalu suka ribet-ribet, gak ngerti cara makenya hehe. Tapi jujur, saya termasuk perempuan yang kena sindrom hijab hunger ini juga alias lapeeer banget tiap liat hijab yang unik. Ujung-ujungnya banyak yang gak kepake karena itu tadi, gak semuanya cocok pas dipake. So ketika kita mencari sejuta excuses untuk menambah koleksi hijab yang kelihatannya gak perlu-perlu banget, maka yang diingat adalah: semua yang berlebihan itu gak baik. Insya Allah berhasil. CMIIW. Wallohu'alam.

No comments:

Post a Comment

WOW Thank you!